Selasa, 24 Januari 2012

UAS IMK

1.  Jelaskan pengertian hypertext dan hypermedia serta sebutkan aturan emasnya!
       Hypertext dan hypermedia adalah:
-          Dokumen nonsekuensial dan nonlinear.
-          Jaringan simpul (artikel, dokumen, file, kartu, halaman, frame, layar) yang dihubungkan dengan link (acuan silang atau citation).
       Hypertext: digunakan untuk menyebut aplikasi berisi hanya teks.
       Hypermedia: untuk menyampaikan keterlibatan media lain: suara dan video.
Aturan Emas Hypertext (The Golden Rules of Hypertext) antara lain:
       Ada badan informasi besar yang diorganisasikan menjadi beberapa fragmen.
       Fragmen-fragmen tersebut saling berhubungan.
       Pemakai hanya memerlukan sebagian kecil dari fragmen pada suatu waktu.

2.  Sebutkan jenis-jenis paradigma dan berilah penjelasan!
JENIS PARADIGMA
1. Time-Sharing
     Satu komputer yang mampu mendukung (dapat digunakan oleh) multiple user.
     Meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem.
2. Video Display Units (VDU)
     Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda.
     Mampu memvisualisasikan abstraksi data.
3. Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
     Alat Bantu Pemrograman memungkinkan programmer meningkatkan produktivitasnya.
4. Komputer Pribadi (Personal Computing)
     Mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk user tunggal.
5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)
     Sistem window memungkinkan user untuk berdialog / berinteraksi dengan komputer dalam beberapa aktivitas/topik yang berbeda.
6. Metapora (Metaphor)
     Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya.
     Contoh metapora (dalam domain PC):
-          Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling
-          Keyboard adalah metapora dari Mesin Tik
7. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
       Manipulasi Langsung memungkinkan user untuk mengubah keadaan internal sistem dengan cepat.
Contoh Direct Manipulation adalah konsep WYSIWYG (what you see is what you get).
8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
      Bahasa digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan interface.
      Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan perintah user.
9. Hypertext
     Penyimpanan informasi dalam format linear tidak banyak mendukung pengaksesan informasi secara random dan browsing asosiatif.
     Hypertext merupakan metode penyimpanan informasi dalam format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara nonlinear atau random.
10. Multi-Modality
     Sistem multi-modal interaktif adalah sistem yang tergantung pada penggunaan beberapa (multiple)
     saluran (channel) komunikasi pada manusia.
Contoh channel komunikasi pada manusia: visual (mata), haptic atau peraba (kulit) audio (telinga).
11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)
     Perkembangan jaringan komputer memungkinkan komunikasi antara beberapa mesin (personal komputer) yang terpisah dalam satu kesatuan grup.
     Sistem CSCW dirancang untuk memungkinkan interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu produk.
Contoh CSCW: e-mail (electronic mail)

3.  Kriteria apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih OS yang baik!
     Stabilitas Sistem
     Dukungan Hardware
     Dukungan Aplikasi
     Fitur Sistem Operasi
     Kemudahan penggunaan

4.  Tujuan teknik evaluasi!

     Seberapa jauh sistem berfungsi.
     Efek suatu interface ke pengguna
     Problem yang terjadi pada system

5.  Apa itu reasoning! Sebutkan dan jelaskan!
Reasoning adalah proses dimana kita menggunakan pengetahuan yang kita punya untuk pengambilan suatu keputusan.
Ada 3 macam Reasoning:
     Deducative: mendapatkan kesimpulan logis ke premis.
     Inductive: menggeneralisir dari suatu kasus ke kasus yang lain yang sama.
     Abductive: dari fakta sampai ke aksi.



POSTINGAN TERKAIT DENGAN LABEL :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar